Bencana Itu Bernama Panda 4.1 - Google Panda Update















Sudah resmi, pemberitahuan dari Google Webmaster Trends Analyst, Pierre Far beberapa jam yang lalu

pierrefar
“Panda update rolling out Earlier this week, we started a slow rollout of an improved Panda algorithm, and we expect to have everything done sometime next week. 
Based on user (and webmaster!) feedback, we’ve been able to discover a few more signals to help Panda identify low-quality content more precisely. This results in a greater diversity of high-quality small- and medium-sized sites ranking higher, which is nice.
Depending on the locale, around 3-5% of queries are affected.”

Bagi yang belum tahu, Sejak jumat lalu ( satu minggu yang lalu, bukan earlier this week seperti kata si Pierre diatas) Google men Deindex sebagian website-website yang ada di hasil pencariannya. Klien-klien WebDijual, para supplier dan buyer, rata-rata kena semua. Badai yang dimulai hari jumat tanggal 19 September 2014, berlanjut ke hari Sabtu, kemudian Senin, Rabu dan terakhir kemaren siang, 4 website kena. 2 web belum sold, dan 2 web lagi baru terjual beberapa hari yang lalu. Dan berita buruknya, ini belum berakhir, akan terus berlanjut sampai setidaknya satu minggu ke depan
Seberapa Besar Kerusakan yang Terjadi?
Cukup besar, setidaknya beberapa kawan Webmaster cukup shock dengan update panda kali ini, berikut adalah list berita buruk yang saya terima:
  1. Beberapa kawan di Jakarta dan Magelang, melaporkan habis beberapa VPS, para Master ini tidak ada webnya yang berharga seribu dollar, kalo rata-rata 1 web berharga $2000 x 100 web, kerugian = $200,000
  2. Tasikmalaya, Guru saya Bang Zenk, sampai sakit perut, dan suhu besar Janur Renggana  kabarnya kena sampai 20%. Prediksi kerugian $50,000
  3. Webmaster Sumatera Barat, yang tergabung di IMSumbar dan Koto Anau Netpreneur, sampai  hari ini, tewas puluhan website dengan harga beragam, mulai dari $200 sampai $5000. Prediksi kerugian $40.000
  4. 1 Buyer Bulgaria, kena 4 web. $5000
  5. 1 Buyer Rusia 3 web. kerugian $16.000
  6. 1 Buyer USA 2 web. $11.000
  7. 1 Buyer Ukraina, beberapa web, sampai hari ini prediksi kerugian di angka $20.000an
  8. 2 Kawan di rusia, 100 website, total kerugian tidak diketahui
  9. 1 Kawan di Rusia, 9 website. yang terbesar menghasilkan $200 dan $150 per day, kerugian silakan prediksi sendiri :D
  10. 1 Buyer dari Inggris, beberapa web, sampai saat ini saya perkirakan kerugian di angka $30,000-$40,000
  11. Anda barangkali? :D
Saya sendiri kena sekitar 5% dari total website yang saya punyai, kerugian tentu belum seberapa dibanding suhu-suhu diatas, secara website saya kecil-kecil semua
 What’s Next?

Secara pribadi, saya akan tiarap dulu menghindari peluru, setidaknya sampai Idul Adha. Setelah itu mungkin akan mengganti metode website-website yang akan saya bangun. Warningnya jelas sekali diatas, Low Quality Content. Berarti emang kontennya harus diperbaiki. Tapi bila pertanyaanya apakah saya kapok bermain-main dengan Google, saya jawab, Tidak. Google bukan Tuhan, saya masih curiga teknologi Google belum bisa mendeteksi semua website abal-abal yang muncul di hasil pencariannya, buktinya masih banyak web-web AGC berseliweran, seperti web saya ini

contohweb

Memasuki tahun kelima wara wiri di Google, selamat dari berbagai animal update :D
Cuma yang saya cemaskan, mudah-mudahan ini tidak seperti 2011, pertama-tama Google membantai hampir semua website, kemudian baru meledakkan bom, membanned semua akun adsense :((
Link-link yang mungkin berguna:

Niche Pursuits
WebMasterWorld
NoHatDigital

Update: Berita baik, seorang kenalan melaporkan sukses melakukan rekonsiderasi

reconsider

berita buruknya, dia belum memberitahu bagaimana caranya :(
sukses
Website yang sukses diatas penghasilannya $30/day

Links Sumber : http://www.kotoanau.com/bencana-itu-bernama-panda-4-1.html

Baca Juga : Update Google Panda Sampai Akhir Pekan

Bencana Itu Bernama Panda 4.1 - Google Panda Update Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Topenk