Blogger Kampungan - Hanya Seorang Newbie Abadi

Mengembalikan Data Flashdisk yang Hilang Karena VIRUS ?

Mengembalikan Data Flashdisk yang Hilang Karena VIRUS ?. Virus merupakan masalah nomor 1 yang paling sering dihadapi oleh para pengguna komputer, laptop, handphone dll. Hal ini sangat menjengkelkan karena virus yang sudah membuat sarang di komputer/laptop, akan menghilangkan dan menghancurkan file – file yang ada di dalamnya dan termasuk flashdisk. Flashdisk sebagai media penyimpanan data yang dikhususkan untuk menyimpan data – data penting bagi beberapa orang, begitu di colokan pada komputer yang bervirus maka dengan seketika file – file yang ada di dalam drive flashdisk tersebut hilang bahkan tidak sedikit file – file tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi. Betapa tidak kesal, dengan hal seperti ini apalagi sudah bersusah payah mengerjakan namun dengan gampang hilang dan rusak begitu saja ketika flasdisk di colokan ke komputer/laptop yang terinfeksi oleh virus.
Jika anda pernah mengalami kejadian seperti diatas, pastinya anda akan merasakan kesal. dan sebagai pengetahuan, beberapa virus yang menyebabkan data flasdisk hilang itu biasa disebabkan oleh jenis dari virus “W32.Changeup” dan banyak lagi jenis – jenis nya, hanya saja virus dengan jenis “W32.Changeup” ini lah yang sering dijumpai. (Mengembalikan Data Flashdisk yang Hilang Karena VIRUS ?)
W32 Changeup

W32 Changeup
Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan jika ingin Mengembalikan data flasdisk anda yang hilang atau hidden file, anda bisa gunakan bantuan antivirus smadav atau dengan menggunakan cara manual. Nah, berikut ini langkah-langkah sederhana mengembalikan data flasdisk yang hilang atau hidden file anda dengan cara manual (untuk semua OS). (Mengembalikan Data Flashdisk yang Hilang Karena VIRUS ?)
1. Jika anda menggunakan windows 7, coba anda cari menu Organize yang terletak pada sudut kiri atas windows explorer anda.
2. Klik, dan pilih menu Folder and Search Option.
3. Akan muncul tampilan Folder option, kemudian anda klik Tab View, hilang kan centang pada 3 pilihan
- Hide empty drives in the computer folder
- Hide Extensions for known file types
- Hide protected operating system files (recommended) untuk pilihan ini akan ada warning dari windows. tekan yes saja. Setelah itu pilih Show hidden files and Folders
4. Masuk ke Flasdisk anda, coba cek data milik anda apakah ada disana. Biasanya kalau data yang hilang karena virus, maka file atau folder anda akan terlihat buram-buram.
5. Langkah kelima ini merupakan langkah penting untuk mengembalikan data pada flasdisk anda.
- Tekan Win + R, untuk memunculkan kotak dialog run
- Ketik CMD pada kotak dialog run, kemudian enter untuk menampilkan comand prompt
- Sebelumnya, anda cari lokasi flasdisk anda Apakah drive letter nya di I ? di H ? atau di G ? nah, jika misalnya posisi flasdisk anda pada drive letter H, maka ketikan “H:” (tanpa tanda kutip) lalu enter.
- Kemudian masukan attribut “attrib -r -a -s -h *.* /s /d /l ” (tanpa tanda kutip) lalu kemudian enter.

 
command prompt

command prompt
6. Jika file yang hilang itu banyak, maka akan membutuhkan loading beberapa menit. Jika sudah selesai dan file anda sudah kembali silahkan tutup comand prompt, kemudian kembalikan settingan pada langkah 3 seperti semula. Jika tidak anda kembalikan, maka akan banyak sekali file system yang aneh, khawatirnya nanti tanpa sengaja anda kemudian mendelet file tersebut. Semoga bermanfaat dan berguna

Link Sumber : http://urbandistro.com/mengembalikan-data-flashdisk-yang-hilang-karena-virus/

Mengembalikan Data Flashdisk yang Hilang Karena VIRUS ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: M Fatoni