Blogger Kampungan - Hanya Seorang Newbie Abadi

Cara Buat Iklan di Google Adwords – Pendahuluan

Saat kalian memulai bisnis online maupun offline, suka atau tidak suka kalian harus belajar yang namanya promosi, marketing atau pemasaran. Sebab tanpanya, niscaya lapak usaha kalian akan sepi bak kuburan. 
Semua yang memulai usaha sendiri pasti akan mengalami sebuah tantangan untuk mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu di tutorial ini saya akan mengajarkan salah satu cara alternatif pemasaran yang tersedia di internet saat ini, yaitu menggunakan Google Adwords.
Tutorial ini saya rancang berdasarkan pengalaman saya sendiri, kesulitan-kesulitan yang saya alami, yang kemudian saya tuangkan ke dalam beberapa langkah tutorial. Saya akan terus saya mengembangkannya dan kalian dapat bernavigasi dari satu tutorial ke tutorial lain dengan menggunakan Artikel Berkaitan yang terletak di sidebar.
Sebelum kalian membuat iklan pertama kalian menggunakan Adwords, ada beberapa pemahaman dasar yang perlu kalian ketahui.
Pertama, ada dua tujuan utama orang melakukan pemasaran, yaitu:
  1. Brand awareness: membuat orang sadar, bahwa kalian itu ada
  2. Mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan. Secara gamblangnya kalau di dunia offline, diharapkan ada orang yang masuk ke toko dan membeli atau ada orang yang menelpon lalu memesan sesuatu, atau setidaknya membuat janji untuk bertemu.
    Sedangkan kalau di dunia online ada kaitannya dengan peningkatan trafik pengunjung situs yang kemudian berubah menjadi pembeli.
Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk membeli pelanggan. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah kalian mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, kalian berharap ada yang menaggapi usaha marketing kalian dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan kalian.
Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).
Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasang iklan di internet.

Bagaimana cara beriklan di internet?

Google Adwords bisa menjadi sebuah alternatif. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian kalian bisa melakukannya langsung dari depan layar komputer.
Apabila kalian memiliki modal yang agak besar, kalian bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords kalian.

Dimanakah iklan akan tayang?

Iklan yang kalian buat nantinya bisa tampil di:
  1. Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
    Contoh iklan google adwords di mesin pencari
  2. Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  3. Pencari di perangkat mobile.
  4. Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

Kelebihan Google Adwords

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan kalian akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentu. Dan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang menjelajahi dunia maya.
Secara lebih spesifik, kalian juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya kalian hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan kalian. Tujuannya agar anggaran iklan kalian tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan kalian.
Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.100.000 (minimal untuk saat ini) kalian sudah bisa beriklan. Walaupun dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengorbitkan usaha kalian tentu itu lain cerita.

Biaya Iklan Adwords

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.
Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.
Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran kalian, yaitu:
1. Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol kalian, maka kalian memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan kalian, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.
Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan kalian dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah kalian tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.
2. Jika fokus kalian adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa kalian itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka kalian dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang kalian peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.
3. Jika fokus kalian adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini kalian tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan kalian. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi kalian.
Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll.

Pembayaran

Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Kalian harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Link Sumber : http://dapur-uang.com/cara-pasang-iklan-di-google-adwords-pendahuluan/

Cara Buat Iklan di Google Adwords – Pendahuluan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: M Fatoni