Blogger Kampungan - Hanya Seorang Newbie Abadi

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Ralat : judul yang tepat untuk postingan ini adalah "Cara Antisipasi Jika Blog Dihapus Oleh Blogger"

Dari awal bulan puasa sampai lebaran terlewat jauh baru bisa update posting lagi, sungguh mengenaskan sekali nasib Blog Mas Sugeng ini. Tapi tak apa lah, sebagai gantinya kali ini saya ingin mencoba menyuguhkan artikel tutorial yang sedikit panjang tentang cara backup postingan di blogspot dan memindahkannya ke wordpress self host.

Saya yakin sobat tahu lah apa tujuan saya menciptakan tutorial ini, yaps, untuk mengantisipasi jika blog kita dihapus oleh si embah google sebagai pemilik layanan blogger gratisan ini. Sebagaimana yang kita tahu sebelumnya bahwa blogger sedang rajin-rajinnya membersihkan blog-blog sampah yang terkadang yang bukan sampah ikutan terkena imbasnya.

Tutorial ini hanya untuk yang blognya sudah melakukan custom domain TLD. Bagi yang masih menggunakan subdomain blogspot.com, mohon maaf sekali tutorial ini sama sekali tidak berguna, tapi gak ada salahnya juga sih untuk dibaca. itung-itung menghargai saya yang sudah capek-capek nulis :D

Sebenarnya jika kita tidak melakukan hal aneh-aneh dan selalu mematuhi TOS yang diberikan oleh blogger.com blog kita Insya Allah akan aman dari penghapusan. Tapi tentu saja nggak ada salahnya untuk melakukan antsipasi.

Antisipasi yang bisa kita lakukan sangatlah sederhana, yaitu dengan melakukan backup blog kita secara berkala agar jika blog kita terkena musibah kita bisa memindahkannhya ke platform lain, dalam hal ini khususnya WordPress.

Langsung saja untuk cara mem-backup blog kita, pertama masuk ke menu setelan blog sobat,

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Setelah itu klik Lainnya:

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Selanjutnya klik Ekspor blog:

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Terakhir tinggal sobat simpan di komputer sobat:

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Nah cara di atas silakan sobat lakukan secara rutin sesuai kebutuhan, kecuali jika sobat ingin langsung memindahkan blog sobat ke wordpress tanpa harus menunggu dihapus google, maka cukup lakukan sekali saja.

Selanjutnya pertanyaanya adalah: "setelah backup postingan terus diapain?" ya tidak diapa-apain sampai blog kita terkena musibah dihapus google, tapi mudah-mudahan sih nggak terjadi demikian. Tapi jika blog kita benar-benar bernasib buruk maka inilah saatnya untuk memindahkan postingan yang sudah kita backup ke tempat lain yang lebih aman, dalam hal ini adalah wordpress self host.

Ada beberapa langkah untuk memindahkan postingan kita dari blogspot ke wordpress yang jujur saja saya agak puyeng dalam hal ini karena bingung nyusunya gimana supaya mudah dipahami. Tapi saya coba yang saya bisa.

Kurang lebih langkah-langkahnya seperti ini:
  • Sewa web hosting 
  • Add Domain
  • Instal wordpress
  • Setting nameserver domain
  • Setting URL permalink
  • Impor postingan
  • Selesai
Sekarang lebih jelasnya..
1. Sewa Web Hosting 
Pertama yang perlu sobat lakukan tentu saja harus menyiapakan sebuah web hosting untuk menyimpan blog kita nantinya supaya bisa diakses di internet. Banyak layanan web hosting saat ini, namun jika sobat mencari web hosting yang murah tapi bagus saya rekomendasikan menggunakan hosting MWN

2. Add Domain
Langkah kedua adalah menambakan domain ke web hosting kita. Domain yang akan kita tambahkan di sini adalah domain yang sedang sobat gunakan di blogspot.
3. Instal Wordpress 
Langkah selanjutnya adalah menginstal mesin WordPress di hosting kita. Untuk tutorial cara instal wordpress sendiri sudah sangat banyak sekali yang membahasnya, jadi silakan bisa sobat mencarinya sendiri. Pastikan sobat menginstal wordpress pada alamat domain yang akan sobat pindahkan.
4. Setting Nameserver Domain
Sama halnya seperti instal wordpress, cara setting nameserver domain juga bisa dibilang sudah sangat umum, saya yakin sobat sudah bisa. Kalaupun belum bisa, sudah banyak yang menuliskan tutorialnyai. Intinya di sini adalah kita mengarakan domain yang sedang kita gunakan di blogspot ke web hosting baru yang sudah kita sewa sebelumnya.
5. Setting URL permalink
Pada langkah ini bisa dibilang sangat penting karena di sinilah kunci supaya blog kita tidak kehilangan banyak visitor meskipun sudah berpindah ke wordpress. Pada langkah ini saya anggap sobat sebelumnya sudah berhasil mengistal wordpress dan mengarahkan domainnya. Sekarang yang perlu sobat lakukan adalah masuk ke dashboard blog sobat di www.namadomain.com/wp-admin:

Setelah masuk, selanjutnya menuju ke menu Settings > Permalinks


Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Pilih/Check pada bagian Custom Structure dan masukan susunan permalink ini: /%year%/%monthnum%/%postname%.html
Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress
Terakhir klik Save Changes dan selesai sudah..
6. Impor Postingan
Nah sekarang saatnya untuk memindahkan postingan-postingan yang sudah sobat  backup sebelumnya. Pertama yang harus sobat lakukan adalah menconvert file .xml yang berisi backup postingan blogspot tadi menjadi file .xml versi wordpress agar nantinya bisa kita import ke wordpress. Caranya mudah sekali, cukup masuk ke alamat http://blogger2wordpress.appspot.com/ dan upload file .xml blog sobat:

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Klik Convert dan tinggal sobat simpan saja file hasil convertnya ke komputer sobat.

Langkah berikutnya adalah mengimpor file .xml yang suda diconvert tadi ke wordpress. Caranya masuk ke dashboard blog wordpress sobat, Klik menu Tools > Import:


Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Pilih Wordpress:


Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Upload file .xml yang sudah diconvert tadi:

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Klik Submit:


Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

7. Selesai....................


Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress

Nah sekarang kita tidak perlu khawatir lagi jika blog kita dihapus olah google yang terpenting kita harus rajin membackup postingan secara berkala.

Update: bagi sobat yang blognya sudah memilki banyak postingan mungkin akan menemukan kegagalan dengan cara diatas karena ukuran file .xml blog sobat terlalu besar dan tidak bisa diconvert menggunakan tool di atas.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sobat bisa mengakalinya dengan mengimport file .xml blog sobat ke blog baru (sobat membuat blog baru di blogspot), setelah itu sobat bisa memindahkannya ke wordpress dengan cara umum, menggunakan plugin atau fitur import yang ada di wordpress.


Karena saya sadar jika tutorial yang saya tulis di atas jauh dari kata sempurna, maka segala sesuatu yang kurang jelas bisa disampaikan melalui komentar. Kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

Link Sumber : http://www.mas-sugeng.com/2013/08/Cara.Backup.Postingan.Blogspot.dan.Pindah.Wordpress.html

Cara Backup Postingan Blogspot dan Pindah ke Wordpress Rating: 4.5 Diposkan Oleh: M Fatoni